Yuk, Pahami Pengertian Belajar

Yuk Pahami Pengertian Belajar

Belajar adalah proses yang menjadi dasar bagi pendidikan setiap individu. Dengan adanya belajar, maka setiap individu akan mengalami perubahan dalam berbagai aspek seperti tingkah laku, pengetahuan, pola pikir, keterampilan, dan masih banyak lagi. lebih jelas, berikut ini pengertian belajar dan tujuannya bagi individu. 

Pengertian Belajar Secara Umum 

Jika menelaah lebih dalam, terdapat banyak sekali pendapat mengenai belajar. Namun secara umum, belajar merupakan proses seseorang untuk mendapatkan suatu perubahan dalam kehidupan. Belajar biasanya akan mengarah kepada hal yang positif dan bersifat membangun. 

Tentu akan muncul perbedaan yang signifikan pada individu sebelum dan sesudah belajar. Belajar sendiri bisa berasal dari  pengalaman, pengetahuan, pengamatan, aktivitas fisik, dan masih banyak lagi. apabila ingin membentuk individu dengan karakter dan pengetahuan yang baik maka diperlukan proses pembelajaran yang baik pula. 

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli 

Setelah mengetahui pengertiannya secara umum, Anda juga perlu mengetahui dan memahami pengertian belajar menurut pendapat para ahli. 

1. Thursan Hakim 

Thursan Hakim berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan di dalam kepribadian manusia. Perubahan tersebut biasanya akan ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas terhadap tingkah laku individu. Contohnya  seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, dan lain sebagainya.

2. M. Sobry Sutikno

Sobry Sutikno sendiri berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seorang individu untuk mendapatkan suatu perubahan yang baru. Perubahan tersebut merupakan hasil pengalamannya sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

3. Skinner 

Skinner mendefinisikan belajar sebagai suatu proses adaptasi perilaku yang sifatnya progresif. Artinya yaitu proses adaptasi perilaku yang mengarah pada kemajuan atau hal-hal positif.

4. Ernest R. Hilgard 

Ernest R. Hilgard mengemukakan bahwa belajar adalah proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja untuk kemudian menimbulkan perubahan. Perubahan disini keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh yang lainnya. 

Perubahan tersebut sifatnya relatif permanen atau tidak akan kembali kepada keadaan semula. Hal ini tidak dapat diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, dan lainnya.

5. C.T Morgan 

Hampir sama dengan Ernest R. Hilgard, C.T Morgan mendefinisikan belajar sebagai setiap perubahan perilaku yang relatif permanen. Perubahan tersebut terjadi akibat dari berbagai hal seperti praktek atau latihan dan pengalaman. 

Tujuan Belajar 

Terdapat tiga tujuan belajar berdasarkan pandangan  Sardiman, antara lain : 

Belajar-untuk-mendapatkan-keterampilan-pengetahuan-dan-sikap

Belajar-untuk-mendapatkan-keterampilan-pengetahuan-dan-sikap

  • Memperoleh Pengetahuan 

Kegiatan belajar yang dilakukan seseorang maka akan menghasilkan peningkatan kemampuan berpikir. Tidak hanya menambah pengetahuan saja, namun proses belajar juga akan membuat daya pikir seseorang menjadi lebih baik. 

Pengetahuan yang dimiliki tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan begitu juga sebaliknya. Kemampuan berpikir akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya ilmu pengetahuan. 

  • Menanamkan Konsep Dan Keterampilan 

Keterampilan hadir melalui proses belajar. Adapun penanaman konsep itu sendiri membutuhkan keterampilan baik keterampilan jasmani maupun rohani. Keterampilan jasmani merupakan kemampuan di dalam penampilan dan gerakan pada individu yang diamati dan berhubungan dengan hal teknis. 

Sedangkan keterampilan rohani adalah kemampuan yang berkaitan dengan cara berpikir, penghayatan, dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah. Tidak hanya itu, namun juga membuat suatu konsep pada diri seseorang yang cenderung bersifat lebih kompleks dan abstrak. 

  • Membentuk Sikap 

Dengan belajar, maka dapat membentuk sikap mental melalui penanaman nilai yang mampu menumbuhkan kesadaran di dalam diri seseorang tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, maka seorang guru harus melakukan pendekatan secara bijak dan hati-hati. Tidak hanya itu, namun juga harus mampu menjadi teladan maupun contoh bagi peserta didik. 

Itulah pengertian belajar dan tujuannya yang perlu diketahui. Karena begitu pentingnya, maka jangan sampai masa muda terlewat begitu saja tanpa belajar hal-hal yang positif. 

(Hadi Suwarno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Apa yang bisa kami bantu?