Tanda Keberhasilan Belajar Anak yang Perlu Dipahami

Perlunya Bimbingan Belajar

Indikator atau tanda keberhasilan belajar anak akan memudahkan seorang guru maupun orang tua untuk menilai bagaimana proses pembelajaran telah berlangsung.

Dengan demikian tidak hanya berfungsi sebagai penentu target saja, tanda keberhasilan belajar juga menjadi salah satu hal yang penting untuk melakukan evaluasi. Dalam hal ini, apabila ada indikator –yang sudah ditetapkan, tidak berhasil dicapai oleh siswa, terlebih dalam persentase yang cukup banyak, maka guru perlu melakukan perubahan pada strategi dan proses belajar

Bagi orang tua, keberhasilan belajar anak sering dilihat dari tercapainya nilai yang bagus. Ya, hal ini dikarenakan pengetahuan yang dikuasai anak dapat diukur dengan ujian untuk mendapatkan nilai berupa angka. Semakin besar nilai tersebut, orang tua menganggap siswa telah berhasil dalam belajar.

Pada sistem pendidikan masa lampau, orang tua memandang bahwa keberhasilan belajar anak diukur dengan prestasi berupa capaian nilai akademis.

Namun seiring dengan perkebangan tuntutan jaman, menurut para ahli, keberhasilan belajar anak merupakan suatu capaian dengan cakupan yang lebih luas.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa indikator keberhasilan belajar anak yang perlu diperhatikan oleh para orang tua. Apa saja indikator yang dimaksud tersebut? Berikut penjelasannya.

Tanda Keberhasilan Belajar Anak

1. Memiliki wawasan lebih luas

Hal ini ditunjukkan dengan meunculnya idiom baru, kosa kata, baru. Anak mampu menjelaskan suatu peristiwa, fakta atau gelaja yang ada di sekelilingnya. Mengomentari tentang berita atau peristiwa. Menguji sesuatu hal dengan bertanya.

Gejala ini terjadi karena anak muncul pemahaman atau insight suatu fenomena di sekitarnya yang di kaitkan dengan pelajaran di sekolah.

2. Tambah berpikir kritis

Mulanya anak akan menghimpun informasi, fakta dan data. Dengan bahan tersebut mereka menghubungkan satu dengan yang lain. Berpikir kritis terjadi karena menghubungkan antar ide sehingga anak mampu mengklasifikasi dan menganalisis. Dengan demikian anak mulai dapat berargumentasi dan mempertahankan pendapatnya.

Pada tahap tertentu anak juga mampu menilai tentang suatu hal dan pada akhirnya mampu memilih atas berdasarkan keputusannya.

3. Menerapkan Kebiasaan Baru

Indikator keberhasilan belajar para siswa bisa dilihat dari kebiasaan mereka. Kebiasaan dalam hal ini adalah cara bertindak yang dimiliki oleh para siswa yang didapatkan dari hasil pembelajaran. Apabila proses belajar bisa mengubah kebiasaan siswa menjadi lebih baik sesuai dengan kesadaran dirinya, maka pembelajaran tersebut berhasil. Pola perilaku seperti ini umumnya merupakan tujuan dari pendidikan agama, budi pekerti dan sikap. 

4. Bertambah Keterampilan Terapan

Keterampilan juga menjadi salah satu indikator keberhasilan pembelajaran siswa. Dalam hal ini, ketika siswa memiliki keterampilan yang baru dan ia juga menerapkannya dalam keseharian setelah mengikuti proses pembelajaran tertentu, maka bisa dikatakan proses pembelajaran tersebut berhasil.

Perlu diketahui bahwa salah satu tujuan dari proses pembelajaran adalah memberikan wawasan yang baru bagi para pembelajar, termasuk keterampilan. Oleh karenanya, penerapan keterampilan adalah tanda adanya wawasan baru yang dimiliki oleh siswa tersebut. Keterampilan tersebut dapat berupa hasil olah pikir, olah rasa, olah raga maupun hasil karya.

5. Memperoleh Nilai Akademik yang Baik

Ketika berbincang tentang indikator keberhasilan belajar, nilai tentu menjadi hal yang tidak bisa dilupakan. Memang, nilai bukan satu-satunya indikator keberhasilan proses belajar. Namun, nilai termasuk salah satu indikator yang sangat penting dan cenderung lebih mudah untuk dipahami.

Terkait nilai dalam belajar, keberhasilan belajar akan dicapai apabila siswa memiliki nilai yang cenderung meningkat. Peningkatan pada nilai tersebut bisa diartikan sebagai meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi tertentu ataupun keberhasilan strategi belajar yang digunakan oleh guru ketika menyampaikan sebuah materi.

Beberapa hal di atas adalah beberapa tanda keberhasilan belajar yang bisa dilihat oleh orang tua. Nilai akademik yang baik bukan satu-satunya keberhasilan belajar. Oleh karena itu orang tua perlu berkomunikasi dengan anak agar dapat mengetahui perkembangan hasil belajarnya. Yang paling penting hasil belajar tersebut dapat dimanfaatkan untuk memecahkan persoalan anak agar berkembang dengan kemandiriannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Apa yang bisa kami bantu?