Mengapa Perlu Belajar Kolaboratif?

Belajar kolaboratif

Berbincang tentang metode pembelajaran, salah satu metode yang cukup populer dan seringkali diterapkan adalah metode belajar kolaboratif atau belajar kelompok. Metode belajar ini umumnya diaplikasikan untuk menyusun konsep terkait materi tertentu ataupun menyelesaikan suatu masalah.

Bagi para siswa, bisa dikatakan jika metode kolaboratif menjadi salah satu metode belajar yang cukup efektif, bahkan jika dibandingkan dengan metode belajar individual. Terlebih, jika target dari pembelajarannya memerlukan kerjasama, diskusi, pembagian tugas dan membuat projek.

Ada beberapa alasan kenapa metode belajar dengan metode kolaboratif ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif dan sebaiknya diterapkan di kelas. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Perlunya Belajar Kolaboratif1. Menanamkan Keseimbangan Kolaborasi dan Kompetisi

Kolaborasi lebih penting daripada kompetisi. Karena itu kolaborasi di dalam kelompok kecil maupun besar di dalam kelas sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Dengan menanamkan keterampilan tersebut maka siswa akan lebih terampil untuk melakukan inisiatif kerjasama dengan orang lain dalam memecahkan masalah. Siswa akan terbiasa dengan tim yang memiliki peran berbeda namun memeiliki tujuan yang sama.

Oleh karena itu pada masa perkembangan awal anak-anak seharusnya lebih banyak dipupuk kemampuan untuk kolaborasi daripada kompetisi. Secara umum semangat kompetisi adalah bersaing menjadi yang terbaik secara individual. Hal ini akan memiliki dampak menutup peluang untuk Kerjasama dengan pihak lain.

2. Memecahkan Masalahnya Sendiri

Dalam sebuah pembelajaran kelompok, biasanya para siswa akan diberikan suatu permasalahan yang cukup kompleks dan harus dipecahkan bersama-sama. Dengan tugas tersebut, maka para siswa dalam satu kelompok nantinya akan melakukan diskusi guna menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Diskusi yang dilakukan akan melahirkan sudut pandang yang berbeda dari para siswa. Anda –sebagai guru, barangkali akan menemukan jawaban dan sudut pandang yang unik. Namun, di situlah manfaat dari pembelajaran kolaboratif di mana para siswa nantinya akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memecahkan masalah.

3. Merangsang Berpikir Kreatif

Selain meningkatkan kemampuan para siswa untuk memecahkan masalah, belajar kelompok juga memiliki manfaat yang begitu penting untuk merangsang para siswa untuk berpikir kreatif. Pasalnya, dalam metode pembelajaran kolaboratif, para siswa nantinya akan dihadapkan dengan pendapat, masalah, ataupun ide yang sebelumnya mereka tidak ketahui.

Bisa jadi, dari berbagai pendapat atau ide tersebut ada yang berseberangan dengan kebiasaan mereka. Namun, dari situ, mereka bisa mengembangkan pendapat dan mencari sebuah titik temu yang baru.

Selain itu, berpikir kreatif juga cukup penting untuk memacu siswa agar tidak tertahan pada zona nyaman mereka. Dengan demikian, secara tidak langsung, pengetahuan mereka pun akan berkembang.

4. Mendorong Interaksi Sosial Sehat

Alasan lain kenapa pembelajaran kolaboratif sangat efektif dan sebaiknya diterapkan di kelas adalah adanya dorongan untuk melakukan interaksi sosial. Ya, metode pembelajaran ini secara langsung akan mendorong para siswa untuk melakukan diskusi pada kelompok yang sudah dibagi sebelumnya.

Tentu saja, dari diskusi yang dilakukan akan tercipta sebuah interaksi sosial. Hal semacam ini sangat penting untuk menunjang perkembangan pribadi para siswa agar mereka tidak canggung dengan orang lain dan terhindar dari bersikap terlalu tertutup.

5. Melatih Managemen Diri

Pembelajaran secara kelompok juga bisa menjadi salah satu cara untuk melatih managemen diri dari para siswa. Memang, sekilas, belajar kelompok akan menonjolkan kerja sama dari antar kelompok yang sudah dibagi tersebut. Namun di dalamnya, para siswa bisa belajar tentang aktualiasi diri mereka di hadapan orang lain.

Manajemen diri yang dimaksud dalam poin ini adalah bagaimana mereka bersikap ketika harus berusaha secara kelompok. Tentu saja, dalam hal ini, para siswa akan didorong untuk memiliki rasa empati yang lebih tinggi dan terhindar dari kesan egois.

Manfaat turunan dari pola ini adalah para siswa nantinya bisa menghargai orang lain dengan lebih baik. Juga, mereka pun akan memiliki benteng untuk tidak bersikap arogan karena belajar kelompok mengajarkan mereka bahwa sebenarnya mereka tidak bisa melakukan apapun seorang diri.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi alasan kenapa metode belajar kolaboratif dipandang efektif. Dengan metode belajar kolaboratif diharapkan siswa dapat bekerjasama dengan orang lain, berkomunikasi efektif, berpikir kritis dan kreatif. Itulah kemampuan siswa yang perlu dikuasai di abad 21.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Apa yang bisa kami bantu?