Cara Memperkaya Sumber Belajar yang Tepat

Sumber Belajar

Pentingnya penggunaan sumber belajar adalah untuk membuat pelajaran menjadi menarik, mudah dipelajari dan memudahkan guru menyampaikan materi pembelajaran. Kunci agar siswa belajar secara efisien dan efektif adalah menggunakan teknik dan bahan ajar yang tepat tergantung pada gaya belajar masing-masing.

Setiap orang belajar dengan cara yang berbeda, penting bagi siswa untuk dapat mengetahui jenis pembelajar seperti apa mereka dan dapat menyesuaikan studi mereka dengan teknik khusus dan menggunakan sumber daya untuk memaksimalkan pembelajaran.

Jelajahi Apa Saja Sumber Belajar

Apa saja sumber belajar yang digunakan di sekolah? berikut ini beberapa contoh bahan ajar yang dapat memudahkan kegiatan pembelajaran.

1. Pembelajar Visual

Bahan ajar visual digunakan untuk menyampaikan pembelajaran dengan cara memfokuskan pada penglihatan. Berikut ini beberapa contoh bahan ajar yang dapat digunakan:

  • Flashcard

Membuat dan menggunakan alat bantu visual seperti kartu flash atau poster adalah sumber yang sangat membantu bagi pembelajar visual, dan dapat membuat semua perbedaan saat belajar untuk ujian.

  • Papan tulis

Pembelajar visual dapat memanfaatkan papan tulis dengan sangat baik untuk menulis peta pikiran atau menggambar bagan dan diagram untuk membantu pemahaman dan pembelajaran mereka.

  • Video

Pembelajar visual dapat menggunakan video, film dan visualisasi digital maupun peragaan langsung. Saluran YouTube pendidikan bisa menjadi salah satu sumber belajar.

2. Pembelajar Auditori

Jelajahi Sumber Belajar

Berikutnya, terdapat bahan ajar yang difokuskan untuk memahami dari segi pendengaran siswa.

  • Dictaphone

Pembelajar auditori melakukannya dengan baik ketika mereka dapat mendengarkan kembali pelajaran atau catatan yang dibacakan dengan keras. Menggunakan dictaphone berarti siswa dapat merekam pelajaran di sekolah atau bahkan merekam diri mereka sendiri saat membaca catatan sehingga mereka dapat mendengarkan lagi nanti.

  • Podcast

Mendengarkan podcast pendidikan adalah sumber yang bagus untuk pelajar pendengaran, terutama karena ada begitu banyak yang bagus untuk dipilih. Posting blog kami di sini , telah memilih podcast favorit kami untuk remaja.

  • Menyimak Penuturan Orang Lain

Meskipun ini mungkin bukan sumber belajar konvensional, belajar dengan teman atau dalam kelompok akan memberikan keajaiban bagi pembelajar auditori. Artinya siswa dapat berbicara dengan lantang dan mendengar informasi yang sedang dibahas, sehingga lebih mudah untuk diingat.

3. Pembelajar Kinestetik

Pembelajar kinestetik lebih mengutamakan pada kemampuan ketrampilan, ini dia beberapa contoh bahan ajarnya.

  • Bahan dan Objek

Pembelajar kinestetik suka memanipulasi hal-hal di lingkungan dan melakukannya saat mereka bekerja dengan ide membantu materi menempel.

Dengan menggunakan bahan dan benda disekitarnya, siswa dapat membuat benda atau roleplay untuk membantu pembelajaran mereka. Sumber daya ini seringkali sangat efektif, terutama untuk anak-anak yang lebih kecil.

  • Aktivitas Fisik

Sering berolahraga atau beraktivtas fisik dengan hanya keluar kelas dan bergerak sebelum atau sesudah sesi belajar merangsang pembelajaran bagi pembelajar kinestetik. Kegiatan ini  mungkin tampak sedikit tidak biasa, namun bergerak secara fisik juga membantu fungsi organ tubuh untuk bekerja maksimal. 

  • Peragaan dan Bermain Peran

Pembelajar kinestetik mendapat manfaat dengan peragaan atau bermain peran untuk membantu memperkuat apa yang mereka pelajari. Bentuk lain kegiatan yang bisa memdahkan belajar adalah dengan bermain sosiodrama.

4. Sumber Belajar Baca-Tulis

Pembelajaran baca tulis adalah teknik belajar yang lebih tradisional seperti membaca buku teks dan membuat catatan terperinci.

Memiliki banyak buku catatan kosong adalah sumber belajar penting yang dapat digunakan siswa untuk menulis daftar poin-poin selama pelajaran, menerjemahkan grafik ke dalam ringkasan tertulis mereka sendiri, menulis ulang catatan mereka sendiri atau menulis pertanyaan mereka sendiri dan menjawabnya.

Menggunakan sumber belajar tentunya harus disesuaikan dengan kondisi dan karakter siswanya agar mereka menganggap pembelajarannya menyenangkan sehingga apa yang diajarkan tersampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Apa yang bisa kami bantu?