Catat! Inilah Cara Meraih Prestasi Belajar yang Benar

Cara Meraih Prestasi Belajar

Bagi para siswa, memiliki prestasi belajar yang bagus tentu merupakan sebuah pencapaian yang sangat diinginkan. Pasalnya, prestasi tersebut bisa menjadi salah satu hal yang membanggakan, baik untuk siswa sendiri ataupun orang tua. Tidak hanya itu, prestasi belajar yang diraih nantinya juga akan memudahkan para siswa melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya.

Memang, setiap siswa tentu memiliki keinginan untuk meraih prestasi belajar yang paling baik. Namun, pada praktiknya, hal tersebut cenderung tidak mudah diwujudkan dan perlu usaha ekstra untuk meraihnya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para siswa untuk meraih prestasi belajar terbaik di sekolah. Apa saja cara yang dimaksud tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Cara Untuk Meraih Prestasi Belajar yang Benar

Catat! Inilah Cara Meraih Prestasi Belajar yang Benar

Catat! Inilah Cara Meraih Prestasi Belajar yang Benar

Ibarat pepatah “untuk mendapatkan sesuatu yang luar biasa, maka harus melakukan hal luar biasa pula”, maka perlu usaha ekstra untuk bisa meraih prestasi terbaik di sekolah. Ya, Anda –sebagai siswa, tentu tidak bisa menjadi siswa yang biasa saja jika ingin mendapatkan prestasi tertinggi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meraih prestasi terbaik di sekolah. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan tujuan belajar

Yang paling awal untuk dibangun adalah capaian yang akan diperoleh dari aktivitas belajar. Ada tiga tujuan menurut cakupannya, yaitu tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.

Contoh tujuan jangka pendek adalah agar mendapat nilai bagus. Contoh tujuan belajar jangka menengah adalah agar dapat lulus sekolah. Sedangkan contoh tujuan jangka panjang adalah meraih cita-cita, misalnya menjadi dokter.

Tujuan belajar dapat menjadi alasan yang mendorong Anda untuk melakukan aktivitas belajar. Oleh karena itu, guru biasanya menyampaikan tujuan belajar di awal pelajaran. Tujuan belajar tersebut dapat Anda kaitkan dengan peta perjalanan untuk mencapai cita-cita.

2. Lakukan belajar secara efektif

Belajar efektif artinya memanfaatkan waktu dengan mengisi aktivitas belajar. Efektivitas waktu tidak diukur dari lamanya belajar, namun diukur dengan pemanfaatan waktu secara optimal.

Penggunaan waktu efektif dilakukan dengan cara mengelola agar Anda melakukan satu kegiatan dalam satu waktu. Hindarkan melakukan banyak kegiatan pada satu waktu (multitasking).

Prinsip penggunaan waktu yang efektif adalah dengan repetisi durasi kegiatan. Kegiatan belajar dapat dlakukan 40 menit dan istirahat 5 menit. Dengan demikian pada saat 40 menit kegiatan, fokusnya hanya belajar. Lima menit selanjutnya boleh istirahat dengan aktivitas bebas. Setelah itu dilanjutkan dengan pola yang sama.

3. Eksplorasi bidang yang Anda Minati

Tidak hanya mencari cara untuk belajar secara efektif, Anda pun perlu memperkaya belajar atau melakukan ekplorasi materi pembelajaran.  Kegiatan seperti ini akan menjadi hal yang mengasyikkan kalau mata pelajarannya sesuai yang Anda minati.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya  dengan membaca sumber yang relevan dengan bidang yang sedang dipelajari. Dari sumber-sumber tersebut dapat dikompilasi dan ditulis ulang sehingga menjadi kumpulan materi yang memperluas wawasan.

4. Menjadi Istimewa untuk Bidang Anda Kuasai

Memiliki kemampuan yang baik untuk semua bidang studi merupakan dambaan setiap orang. Namun untuk mencapai hal tersebut tidak perlu memaksa diri sempurna. Karena itu lebih baik memulai dari memupuk bakat dan minat Anda sendiri. Dari kemampuan tersebut dapat dikembangkan agar menjadi prestasi yang istimewa.

Siswa yang memiliki kemampuan yang baik dalam bermain musik lebih baik terus mengembangkan potensi tersebut. Agar bakat tersebut berkembang maka selain berlatih, juga mengikuti kompetisi agar dapat mengukur pencapainnya.

Semua siswa perlu mengembangkan potensi istimewanya dengan pola belajarnya masing-masing. Karena keberhasilan belajar selain berkembangnya prestasi akademik juga non akademik.

5. Aktualisasi Diri dengan Kolaborasi

Kolaborasi atau kerjasama dengan teman sebaya merupakan bagian dari prestasi jangka panjang. Dalam hubungan sosial semua kapasitas manusia diperlukan satu dengan yang lain. Karena itu jika Anda yang lebih cepat paham pada mata pelajaran tertentu, bantulah siswa lain yang belum paham.

Dalam kelompok kecil juga perlu membiasakan diri mengambil peran yang berbeda untuk memecahkan masalah kelompok Anda. Aktualisasi masing-masing diri akan diperlukan untuk membangun tim. Dengan demikian akan muncul sikap toleransi dan empati diantara kelompok Anda tersebut. Kemampuan tersebut amat berguna sekarang dan terutama nanti pada kehidupan sehari-hari.

Nah, beberapa hal di atas adalah beragam cara yang bisa diaplikasikan untuk meraih prestasi belajar maksimal di sekolah. Terapkan cara tersebut dan raih prestasi maksimal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Apa yang bisa kami bantu?