8 Tips Tetap Konsentrasi Belajar di Saat Genting

Konsentrasi Belajar

Banyak faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar seseorang, seperti  kurang tidur, gangguan, stres, lekas marah, frustasi, serta berbagai kondisi kesehatan mental. Berkonsentrasi itu  sulit terutama saat objek belajarnya membosankan.

Untuk meningkatkan motivasi belajar, sebaiknya pelajar menerapkan beberapa teknik belajar yang menyenangkan sehingga lebih efektif untuk memahami apa yang dipelajari. Dengan demikian maka dapat meningkatkan konsentrasi selama sesi belajar.

Tips Agar Tetap Konsentrasi Belajar 

Tips Tetap Konsentrasi Belajar

Tips Tetap Konsentrasi Belajar

Lakukan beberapa tips di bawah ini agar Anda tetap konsentrasi dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik.

1. Mempersiapkan Diri untuk Belajar

Temukan lingkungan belajar yang sesuai. Umumnya, adalah ide yang baik untuk menghilangkan gangguan sebanyak mungkin saat belajar, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada apa yang ada di depan Anda.

Temukan area yang tenang, seperti kamar pribadi atau perpustakaan. Jika Anda menyukai udara segar, pergilah ke luar ke area yang cukup bebas dari gangguan, dan di suatu tempat Anda masih dapat terhubung ke Internet, jika perlu.

2. Sediakan Bahan Belajar

Bahan belajar Anda mencakup hal-hal seperti catatan, buku teks, panduan belajar, makalah, stabilo, atau apa pun yang mungkin Anda perlukan untuk berkonsentrasi dan menjadi produktif saat belajar; ini termasuk makanan ringan seperti granola bar atau kacang-kacangan, dan sebotol air.

Semua materi Anda harus berada dalam jangkauan tangan sehingga Anda tidak mengganggu diri sendiri dengan mengambil barang-barang Anda ketika Anda berada di zona tersebut, belajar.

3. Atur Ruang Belajar

Singkirkan materi yang tidak perlu Anda pelajari, dan atur ruang Anda untuk mengurangi stres dan memungkinkan konsentrasi yang lebih baik. Memiliki materi apa pun di sekitar Anda yang tidak secara langsung berkontribusi pada konsentrasi Anda hanya berfungsi sebagai gangguan potensial.

4. Matikan Perangkat Elektronik yang Mengaggu

Matikan semua barang elektronik yang tidak Anda perlukan, terutama ponsel, alat pendengar musik, dan mungkin komputer (asalkan Anda tidak memerlukan komputer untuk mempelajari materi Anda).

Laptop atau komputer Anda bisa menjadi sumber gangguan yang sangat besar ketika Anda mencoba fokus dan konsentrasi belajar.

5. Buat Pola Rutin

Atur jadwal waktu belajar, dan laksanakan sesuai aturan yang dibuat. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun waktu belajar menjadi kebiasaan, membuat Anda lebih mungkin untuk menindaklanjuti rencana belajar.

Waspadai tingkat energi Anda sepanjang hari. Apakah Anda lebih energik (dan karenanya lebih mampu berkonsentrasi) di siang atau malam hari? Mungkin membantu untuk mempelajari mata pelajaran yang lebih sulit ketika Anda memiliki energi paling banyak.

6. Sesuaikan Modalitas

Menemukan metode belajar efektif yang cocok untuk Anda dapat membantu Anda tetap berkonsentrasi saat belajar. Untuk hal tersebut lakukan sesuai modalitas belajar. Jika anda memiliki modalitas visual maka lakukan banyak aktivitas pengamatan. Jika anda memiliki modalitas auditori maka dengarkan banyak sumber belajar. Dan jika anda memiliki modalitas kinestetik maka lakukan peragaan-peragaan.

Sekali lagi, setiap orang belajar secara berbeda, jadi Anda harus bereksperimen dan menemukan metode yang paling cocok untuk mempertahankan fokus.

7. Gunakan Alat Bantu

 Untuk kosakata atau istilah akademis, membuat kartu catatan dan kartu flash dan meninjaunya berulang kali dapat membantu menghafal kata, istilah, dan konsep.

Menggambar . Beberapa studi memerlukan peninjauan struktur dan diagram. Menyalin diagram dan struktur tersebut, dan menggambarnya sendiri memungkinkan Anda membuat dan memvisualisasikan apa yang Anda coba pelajari, sehingga membuatnya lebih mudah diingat.

8. Atur Ritme Istirahat

Biasanya, belajar selama sekitar satu jam setiap kali dan kemudian istirahat 5-10 menit adalah jadwal belajar yang paling efektif untuk menjaga konsentrasi pada tugas yang diberikan. Beristirahat sejenak memberikan waktu bagi pikiran Anda untuk rileks, sehingga siap untuk tetap produktif dan menyerap informasi.

Tidak mudah tetap konsentrasi belajar saat badan lelah, lapar, dan alasan lainnya. Lakukan beberapa hal yang membuat Anda nyaman agar dapat belajar dengan fokus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Apa yang bisa kami bantu?